Sekilas Tentang Floor Drain

Pada kesempatan ini Informasi Bahan Bangunan akan membahas mengenai Floor Drain yang selalu ada di kamar mandi / toilet dan fungsinya sangat penting. Floor Drain adalah saringan pada tempat masuknya air bekas di kamar mandi / toilet ke dalam pipa  saluran pembuangan.

Umumnya floor drain terbuat dari bahan stainless steel tetapi ada juga yang terbuat dari bahan cast iron / besi cor dan bahan plastik / PVC. Di pasaran produk floor drain terdiri dari bermacam-macam merek dan tipe misalnya TOTO (yang paling sering digunakan untuk merek TOTO adalah tipe TX 1 BN dan TX 1 AN), San Ei,  American Standart, dan banyak  merek yang lain.
Floor Drain
Floor Drain 

Biasanya untuk satu kamar mandi / toilet rumah tinggal minimal menggunakan satu floor drain. Tetapi ini tidak berlaku untuk toilet umum di gedung perkantoran maupun mall mengingat toilet publik tersebut bisa terbagi menjadi banyak unit toilet yang dipisahkan dengan partisi kubikal toilet. Untuk toilet bangunan umum tersebut mungkin dapat dipasang satu floor drain untuk dua unit toilet.

Saat ini terdapat beberapa macam floor drain, antara lain :
  1. Floor drain konvensional yang umum digunakan biasa terbagi atas floor drain dengan mangkokan dan ada yang berbentuk lembaran. Floor drain berbentuk mangkokan lebih mahal tetapi lebih kuat dan tahan lama jika dibanding floor drain berbentuk lembaran. 
  2. Floor drain yang bisa dibuka tutup yang berfungsi untuk mencegah binatang dan bau tak sedap masuk ke dalam kamar mandi.
  3. Floor drain dengan bola di tengahnya yang juga berfungsi untuk mencegah binatang dan bau tak sedap masuk ke dalam kamar mandi tetapi air tetap dapat mengalir melaluinya.
Dalam memilih floor drain, pilihlah saringan dengan lubang penyaring yang banyak, tetapi berukuran kecil sehingga akan lebih efektif menyaring kotoran yang ada. 

Floor drain tidak memerlukan perawatan khusus, hanya perlu dibersihkan secara berkala agar kotoran yang ada seperti sampah, kumpulan debu, dan helai rambut, tidak menumpuk di saringan floor drain. Yang perlu diperhatikan adalah kotoran tersebut jangan dibuang ke dalam pipa saluran pembuangan karena dikhawatirkan dapat menyumbat saluran tersebut. Selain itu lantai keramik toilet / kamar mandi juga perlu diberi kemiringan ke arah floor drain agar air di tidak menggenang.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel