Atasi Kebisingan Untuk Rumah Yang Tenang

Rumah yang tenang merupakan idaman bagi banyak orang, tetapi di kota besar dimana banyak polusi, baik polusi udara maupun suara, hal ini memerlukan penanganan tersendiri. Polusi suara atau kebisingan bisa ditimbulkan dari berbagai sumber misalnya banyaknya kendaraan yang berlalu lalang di jalan depan rumah, lokasi rumah yang dekat dengan sekolah, maupun sarana umum lainnya, lokasi rumah yang dekat dengan proyek konstruksi bangunan, atau bahkan dari kegiatan rumah tangga para tetangganya. 

Menggunakan Tanaman Sebagai Peredam Kebisingan
Menggunakan Tanaman Sebagai Peredam Kebisingan
Sebenarnya salah satu prinsip menciptakan rumah yang tenang adalah dengan menciptakan ruang antara bangunan yang ada, jadi bangunan rumah tidak berhimpit dengan rumah tetangga. Tetapi di kota besar dimana harga tanah semakin mahal, hal tersebut agak sulit dihindari, malah untuk rumah yang dijual dengan harga murah, dinding batas dengan tetangga hanya dipisahkan dengan 1 lapis pasangan dinding 1/2 bata.

Bagaimana cara mengatasi kebisingan dari luar rumah agar tidak mengganggu kita? Ada beberapa solusi dan material khusus untuk menciptakan ruang yang tenang dalam rumah kita, antara lain :
  1. Menciptakan secondary wall pada dinding luar untuk meredam suara dari arah jalan. Secondary wall ini bisa berupa vertical garden atau juga tanaman rambat yang akan mengurangi kebisingan dari jalan.
  2. Membuat peredam suara dengan cara melapisi dinding dalam dengan partisi gipsum satu muka yang diisi dengan bahan insulasi misalnya glasswool atau bisa juga menggunakan panel akustik sebagai partisi satu mukanya. 
  3. Meminimalkan jumlah bukaan. Tetapi dampak buruknya adalah kurangnya cahaya alami dan sirkulasi udara yang baik.
  4. Minimal gunakan dinding ½ bata dua lapis sebagai dinding pembatas dengan tetangga jika rumah berhimpitan (masing-masing rumah membangun dinding ½ bata).
  5. Menggunakan jendela dan pintu yang kedap suara, dengan sistem khusus dan kaca 2 lapis (insulated glass atau kaca double glassing).
Penggunaan insulasi dan partisi satu muka juga bukannya bebas masalah, jika ternyata terjadi kebocoran pada dinding rumah tentunya akan sulit untuk mencari sumber kebocorannya.

Yang pasti membuat rumah menjadi hunian yang tenang menggunakan metode atau material khusus membutuhkan biaya tambahan yang harus dikeluarkan. Maka jika anda tipe orang yang menginginkan hunian yang tenang sedapat mungkin pastikan memilih rumah di lokasi dengan lingkungan yang tenang.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel