Desain Tangga Yang Aman Dan Nyaman

Tangga merupakan bagian bangunan yang berfungsi untuk menghubungkan suatu lantai dengan lantai di atas atau di bawahnya. Bentuk dan ukuran tangga pada setiap bangunan belum tentu sama karena tergantung pada fungsi tangga tersebut dan jenis bangunannya. Semakin banyak orang yang menggunakan tangga tersebut maka lebar tangga lebih besar daripada tangga yang digunakan oleh beberapa orang saja, seperti tangga untuk bangunan rumah tinggal.

Tangga Beton untuk Bangunan Rumah Tinggal
Tangga Beton untuk Bangunan Rumah Tinggal
Untuk bangunan rumah tinggal biasanya berupa tangga beton untuk tangga utama dan tangga besi untuk area servis. lebar tangga untuk rumah tinggal berkisar antara 80-100 cm. Lebar tangga untuk bangunan rumah tinggal tidak perlu terlalu besar agar tidak menyita tempat atau ruangan yang terbatas karena hanya digunakan oleh beberapa orang saja.

Terdapat beberapa ketentuan desain tangga yang baik antara lain :
  1. Kemiringan tangga tidak terlalu curam atau tidak lebih dari 40’.
  2. Lebar  anak  tangganya (aantrede) berkisar  antara 22-30 cm. 
  3. Tinggi anak tangganya (optrede) berkisar antara 16 - 17,5 cm. (Ukuran tinggi dan lebar anak tangga tersebut untuk menjamin keamanan dan kenyamanan saat naik atau turun tangga.)
  4. Untuk penutup lantai anak tangga dapat digunakan keramik, homogenous tile, marmer, dan lain-lain sesuai keinginan.
Selain itu terdapat komponen yang menunjang sisi estetika dan sisi keselamatan dari tangga yaitu railing tangga yang pernah kami bahas sebelumnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel