Media Bangunan

Informasi Spesifikasi, Daftar Harga, Daftar Supplier, Brosur Bahan Bangunan

WIKA Solar Water Heater, Pemanas Air Tenaga Sinar Matahari

WIKA Solar Water Heater merupakan pemanas air atau water heater yang menggunakan tenaga sinar matahari untuk sumber tenaganya. Produk ini sangat cocok digunakan di Indonesia yang beriklim tropis dan terletak di garis khatulistiwa dimana sinar matahari amat berlimpah.

WIKA Solar Water Heater, Pemanas Air Tenaga Sinar Matahari
WIKA Solar Water Heater

Komponen utama WIKA Solar Water Heater adalah panel kolektor dan tangki yang terhubung  dengan dua pipa aksesoris. Pada panel kolektor dengan tutup kaca terdapat pipa tembaga di dalamnya (sirip absorber) yang berfungsi sebagai penagkap sinar matahari. Sedangkan tangki berfubngsi sebagai tempat penyimpanan air berinsulasi (thermos) yang mampu menahan penurunan panas air seminimal mungkin.

WIKA Solar Water Heater bekerja dengan prinsip thermosiphon, jadi air yang mengalami pemanasan akan bergerak ke atas dan masuk ke tangki. Pada saat yang sama air dalam tangki yang bersuhu rendah akan terdorong masuk ke dalam panel kolektor. Kondisi ini akan berlangsung secara berkesinambungan sehingga akan terjadi sirkulasi air yang mengakumulasi peningkatan suhu air dan menghasilkan panas. 

Keunggulan dari WIKA Solar Water Heater antara lain adalah :
  1. Hemat biaya, tidak perlu menggunakan energi listrik dan gas.
  2. Mudah dan praktis, air panas langsung tersedia dan langsung mengalir ke seluruh penjuru rumah.
  3. Aman dan terjamin, khusus untuk LX series dilengkapi dengan electric back up sehingga melindungi dari risiko tersengat listrik.
  4. Ramah lingkungan, hanya menggunakan tenaga surya
  5. Material yang berkualitas dan tahan karat sehingga lebih higienis.
  6. Layanan purna jual yang baik. 
Biaya unit dan pemasangan WIKA Solar Water Heater bervariasi tergantung dari jenis dan kapasitasnya. Berikut ini adalah gambaran harga WIKA Solar Water Heater untuk harga unit  dan pemasangan di wilayah Jakarta dari salah satu perusahaan spesialis pemasangan produk ini :
  1. WIKA Solar Water Heater TSC 130 (130 liter), harga Rp. 12.850.000,-
  2. WIKA Solar Water Heater LXC 150 (150 liter), harga Rp. 16.350.000,-
  3. WIKA Solar Water Heater LXC 300 (300 liter), harga Rp. 23.750.000,-
Dengan catatan bahwa harga tersebut di atas belum termasuk tambahan biaya untuk dudukan (jika diperlukan), tambahan pipa air panas dan pipa air dingin, serta kabel cadangan pemanas elektrik.

Dengan menggunakan WIKA Solar Water Heater akan menimbulkan biaya awal yang besar tetapi seiring berjalannya waktu maka penghematan energi listrik atau gas tetap akan lebih besar, sehingga lebih ekonomis jika dibandingkan dengan penggunaan water heater konvensional.

Back To Top