Media Bangunan

Informasi Spesifikasi, Daftar Harga, Daftar Supplier, Brosur Bahan Bangunan

Tips Memilih Bata Merah Berkualitas Baik

Bata merah merupakan bahan bangunan yang masih sering digunakan orang sebagai bahan utama pasangan dinding rumah. Bata merah yang berkualitas akan sangat menentukan terhadap kualitas keseluruhan dari pasangan dinding rumah kita. Tentunya kita harus pandai-pandai dalam memilih karena di pasaran tidak semua bata merah berkualitas baik.


Berikut adalah tips untuk memilih bata merah berkualitas baik yang akan digunakan sebagai bahan bangunan untuk pasangan dinding rumah kita, yaitu :
  1. Pilihlah bata merah dengan ukuran yang standar misalnya 190 mm x 90 mm x 56 mm dan pastikan ukurannya seragam, tidak besar kecil.
  2. Bata merah yang baik berbentuk persegi panjang dan siku-sikunya tajam,  permukaannya halus, dan tidak retak, serta tidak mudah tergores.
  3. Bata merah berkualitas baik akan berbunyi nyaring jika antara dua bata merah dibenturkan (tetapi jangan terlalu keras membenturkannya)
  4. Dilihat dari warnanya pilih bata merah yang berwarna merah terang, tidak kehitaman. Selain itu pastikan warna merahnya merata jika dibelah, ini menandakan bata merah matang sempurna pada saat pembakaran.
  5. Kalau bisa usahakan untuk memakai bata merah yang baru diproduksi, karena jika disimpan lama biasanya kualitasnya akan menurun, apalagi jika sering terkena hujan.
Demikianlah cara untuk dapat memilih bata merah berkualitas baik untuk pasangan dinding rumah anda, semoga bermanfaat…
Back To Top