Media Bangunan

Informasi Spesifikasi, Daftar Harga, Daftar Supplier, Brosur Bahan Bangunan

Cardlock Hotel, Kunci Kamar Hotel

Salah satu bahan bangunan yang khusus untuk bangunan hotel / dormitory adalah kunci kamar hotel (Cardlock Hotel). Kunci kamar hotel dengan kartu (Cardlock Hotel) adalah kunci elektronik khusus yang digunakan pada kamar hotel, kunci jenis ini yang menggunakan kunci biasa untuk membukanya tetapi menggunakan kartu.
Model Cardlock Hotel tipe Classic dan tipe RFID
Model Cardlock Hotel tipe Classic dan tipe RFID

Umumnya terdapat 3 jenis Kunci kamar hotel (Cardlock Hotel) berdasarkan kartu yang sering digunakan, yaitu yang menggunakan kartu magnet (magnetic stripe), kartu mifare (contactless), dan menggunakan kartu chip.

Masing-masing jenis kartu memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing, contohnya untuk kartu magnetic stripe kurang tahan lama dan dapat rusak jika diletakkan sangat dekat dengan telepon selular ( handphone), sedangkan untuk kartu chip kekurangannya adalah pada harga kartu yang mahal. Di antara kedua kartu itu terdapat kartu mifare yang memiliki kualitas yang baik tetapi harga yang terjangkau.

Di Indonesia terdapat berbagai macam merek produk kunci Cardlock Hotel, untuk kualitas premium terdapat beberapa merek seperti VingCard, Tessa, CISA, dan lainnya. Selain itu terdapat juga beberapa merek  dengan kualitas yang baik tetapi harga yang lebih ekonomis seperti Dekkson, Deluns, Level, dan lainnya.

Produk Cardlock hotel saat ini umumnya menggunakan teknologi RFID dan kartu Mifare, jadi kartu tidak perlu dimasukkan ke slot kunci tetapi cukup ditempelkan saja di dekat kunci pintu. Keunggulan teknologi RFID antara lain adalah mudah digunakan karena contactless (cukup ditempel dekat sensor kuncinya), lebih aman karena kartunya tidak mudah dicloning.

Untuk menentukan produk Cardlock yang sesuai untuk bangunan hotel, biasanya terdapat beberapa hal yang menjadi bahan pertimbangan manajemen hotel antara lain :
  1. Mutu dan kualitas cardlock hotel yang menyesuaikan juga dengan kelas hotelnya apakah hotel berbintang atau hanya hotel budget.
  2. Harga cardlock hotel tersebut dan perlengkapan pendukungnya (terutama harga kartunya, karena biasanya kartunya yang memerlukan banyak penggantian / tambahan).
  3. Jaminan purna jual / after sales servicenya jika mengalami masalah.
Hotel - Energy Saving Switch
Hotel ES Switch
Selain Kunci Hotel atau Cardlock Hotel, item lain yang sangat penting dan secara tidak langsung adalah pasangan dari produk cardlock hotel adalah ES switch (Energy Saver Switch). ES switch (Energy Saver Switch) adalah switch atau saklar pada kamar hotel yang diaktifkan dengan cara memasukkan kartu ke dalam slotnya. Secara garis besar ES switch (Energy Saver Switch) juga terbagi menjadi dua jenis yaitu ES switch (Energy Saver Switch) biasa dan ES switch (Energy Saver Switch) RFID.

Jika menggunakan ES switch (Energy Saver Switch) biasa maka lampu, AC, dan lain-lain dapat menyala jika ES switch dimasuki kartu apa pun atau malah diisi dengan lipatan kertas. Jika menggunakan ES switch (Energy Saver Switch) RFID maka lampu, AC, dan lain-lain dapat menyala jika ES switch dimasuki kartu RF yang sesuai, jadi tidak sembarang kartu. Karena itu ES switch RFID lebih banyak dipakai di hotel-hotel sebagai alat penghemat energi (energy saver).

Back To Top