Media Bangunan

Informasi Spesifikasi, Daftar Harga, Daftar Supplier, Brosur Bahan Bangunan

Metal Deck Sebagai Alternatif Bekisting Lantai

Metal Deck
Metal Deck
Metal deck adalah material baja ringan dengan karakteristik material teknis yang unik dan bentuk profil yang dalam, yang mana berfungsi sebagai penahan geser dan menambah daya kapasitas dari profil tersebut. Metal deck dapat diaplikasikan sebagai pelat lantai beton komposit pada struktur beton maupun struktur baja. 

Metal deck memiliki 4 fungsi sekaligus yaitu : sebagai bekisting, sebagai tulangan positif, sebagai lantai kerja, dan sebagai langit-langit / plafond.

Penggunaan metal deck memiliki beberapa keunggulan jika dibandingkan dengan beton konvensional yang menggunakan  bekisting multipleks dan kayu, antara lain :
  1. Kebutuhan Volume Beton Akan  Berkurang, karena bentuk profil metal deck, dengan ketebalan pelat lantai beton yang sama, volume beton yang dibutuhkan akan lebih sedikit (terpotong volume cekungan profil metal deck).
  2. Kebutuhan Volume Besi Tulangan Akan  Berkurang, karena metal deck juga berfungsi sebagai tulangan, sehingga hanya dibutuhkan satu lapis besi tulangan
  3. Instalasi Yang Mudah Dan Cepat Sehingga Total Durasi Proyek Lebih Singkat, proses pelaksanaan lebih cepat dan tidak perlu dibongkar lagi seperti bekisting konvensional multipleks dan kayu.
  4. Berat Sendiri Pelat Lebih Ringan, karena kebutuhan volume beton yang lebih sedikit  untuk tebal pelat lantai yang sama.
  5. Mudah Dalam Transportasi Dan Ringan, karena dapat diproduksi sesuai permintaan ukuran dan untuk satu lembar metal deck hanya 32 kg, dapat diangkat oleh satu orang.
  6. Total Biaya Yang Lebih Ekonomis, karena volume beton lebih sedikit, pembesian tulangan hanya perlu satu lapis.
Metal deck memiliki lebar efektif 870 mm sampai 900 mm tergantung merek produknya dengan sistem penguncian antar profil yang sangat baik atau disebut dengan sistem sambungan samping (Side Lap). Penguncian sambungan samping yang lebih sempurna didapat dengan penggunaan "Fastener / Rivet".

Back To Top