Media Bangunan

Informasi Spesifikasi, Daftar Harga, Daftar Supplier, Brosur Bahan Bangunan

Tentang Ground Tank dan Roof Tank

Tandon air / Tangki air merupakan salah satu komponen bangunan yang sangat penting untuk menjamin ketersediaan air suatu rumah tinggal atau bangunan gedung. Dari segi lokasi penempatannya tendon / tangki air terbagi menjadi dua macam, yaitu yang ditanam dalam tanah (Ground Tank) dan yang diletakkan di area atap bangunan (Roof Tank).

Dari segi bahan atau materialnya secara umum tendon / tangki air terbagi menjadi Tandon air dengan bahan Beton bertulang (biasa untuk ground tank), Stainless Steel, Polyethylene  (PE),  Fiberglass (biasa untuk roof tank, meski ada juga tangki air dengan bahan PE yang dapat digunakan sebagai ground tank).

Ground tank biasanya menggunakan pelat beton bertulang yang dilapisi waterproofing non toxic (tidak beracun) yang kemudian dilapisi lagi dengan pasangan keramik dinding dan lantai warna putih sehingga ground tank terlihat lebih bersih.

Untuk Roof tank biasanya diletakkan di atas pelat beton atau menara dari besi siku yang dilas. Ketinggian antara plafond dengan dasar Tangki air sebaiknya sekitar 2 meter untuk mendapatkan tekanan air pada kran antara 5 sampai 20 psi.

Untuk rumah tinggal sering dijumpai menggunakan ground tank dan roof tank sekaligus. Jadi air dari ground tank akan ditarik ke roof tank menggunakan pompa sedangkan air dari roof tank akan mengalir ke kran-kran air secara gravitasi.

Roof tank yang menggunakan bahan stainless steel lebih mahal dari pada bahan PE dan fiberglass karena pada Tangki air dengan bahan stainless steel tidak akan timbul masalah lumut dalam tangki yang membutuhkan tenaga untuk membersihkannya secara berkala. Tetapi Tangki berbahan dasar stainless steel kurang baik untuk digunakan pada daerah pantai /  pinggir laut karena lama-lama bias berkarat.

Untuk menentukan berapa volume tangki air yang dibutuhkan kita dapat memilih yang sesuai dengan kebutuhan air sesuai jumlah penghuni di rumah atau bangunan tersebut contohnya seperti tabel di bawah ini :

Jumlah Penghuni  Kebutuhan Air / Hari
5 Orang 1200 liter
6 Orang 1440 liter
7 Orang 1680 liter
8 Orang 1920 liter

Back To Top