Media Bangunan

Informasi Spesifikasi, Daftar Harga, Daftar Supplier, Brosur Bahan Bangunan

Mengenal Rangka Atap Baja Ringan

Apakah yang dimaksud dengan Rangka Atap Baja Ringan ?
Rangka atap baja ringan merupakan bahan bangunan pengganti rangka atap kayu dan baja konvensional. Rangka atap baja ringan menggunakan bahan baja CRC (cold rolled coil) yang memiliki mutu yang tinggi (kuat tarik 550 Mpa) dengan profil utama bentuk C atau bentuk Omega.

Rangka Atap Baja Ringan
Rangka Atap Baja Ringan

Rangka Atap Baja Ringan memiliki beberapa elemen utama yaitu Kuda-Kuda dan Bracing, Reng, Baut,  Dinabolt,  dan Talang jurai. 

Mengapa Memilih Rangka Atap Baja Ringan ?
Ada beberapa kelebihan penggunaan Rangka Atap Baja Ringan jika dibanding dengan rangka atap kayu maupun baja konvensional, antara lain  :
  1. Material baja ringan memiliki kekuatan yang tinggi tetapi dengan bobot yang ringan, sehingga akan menghemat struktur bangunan.
  2. Material baja ringan lebih tahan karat dan tidak memerlukan finishing cat lagi. 
  3. Material baja ringan tidak terpengaruh serangan rayap.
  4. Material baja ringan termasuk material yang ramah lingkungan.
  5. Material baja ringan memiliki mutu material yang konsisten.
  6. Proses pemasangan rangka atap baja ringan relatif cepat hanya berkisar antara tiga hari sampai satu minggu (tergantung dari kerumitan jenis atap dan luasannya).
Meski memiliki banyak kelebihan tetapi Rangka atap Baja Ringan juga memiliki beberapa kekurangan yang harus kita perhitungkan, antara lain :
  1. Jika kita tidak menggunakan plafond / expose maka rangka atap baja ringan akan kurang indah dipandang karena terlihat seperti jaring
  2. Jika ada bagian yang salah perhitungan atau salah dalam proses pemasangannya maka akan menyeret bagian yang lainnya.

Perhatian khusus bagi yang memilih Rangka atap Baja Ringan untuk Bangunan anda.

Pastikan desain rangka atap baja ringan sudah memperhitungkan semua beban yang nantinya akan mempengaruhi rangka atap tersebut seperti jenis penutup atap, talang, apakah ada sesuatu yang akan menggantung (misalnya lampu gantung) atau diletakkan di atas rangka atap.

Pastikan material baja ringan merupakan baja mutu tinggi standar G550 dengan kekuatan tarik 550 Mpa

Pilih jenis lapisan anti karat dan ketebalan lapisan anti karat yang sesuai.
Lapisan anti karat yang umum dipakai adalah Lapisan Z (Zinc) yang sering disebut Galvanis dan AZ (Aluminium dan Zinc).

Masing-masing lapisan mempunyai kelebihan dan kekurangan. Kelebihan yang dimiliki Aluminium Zinc (AZ) adalah lebih tahan korosi terhadap air garam sedangkan kelemahannya adalah tidak tahan terhadap adukan semen atau mortar (korosif). Di lain pihak, lapisan Zinc (Galvanis) tidak terkorosi oleh adukan semen namun kurang tahan terhadap air garam.

Lapisan Zinc (Galvanis) banyak digunakan untuk rangka atap dengan penutup atap genteng keramik atau genteng beton, karena bagian nok / bubung biasanya diisi oleh adukan semen (kerpusan).

Pastikan ketebalan lapisan anti karat yang cukup karena ketebalan lapisan anti karat lebih berpengaruh terhadap usia ketahanan rangka atap baja ringan. 
Untuk Zinc (Galvanis) minimal ketebalan  adalah 180 gr/m2.
Untuk Aluminium Zinc minimal ketebalan adalah 150 gr/m2.

Pastikan material rangka atap baja ringan yang dipilih memberikan jaminan instalasi / garansi pemasangan bahwa pemasangan sesuai dengan desain strukturnya.

Berapa Harga Rangka Atap Baja Ringan?
Rangka atap baja ringan memiliki kisaran harga antara Rp. 125.000,- / m2 sampai Rp. 250.000 / m2 untuk merek-merek yang terkemuka di wilayah Jabotabek. 

Beberapa faktor yang mempengaruhi harga rangka atap baja ringan antara lain :
  1. Bahan dan jenis profil material baja ringan 
  2. Bentuk atap perisai atau pelana
  3. Panjang bentangan tanpa tumpuan (jarak ring balok)
  4. Sudut kemiringan atap
  5. Penutup atap yang digunakan karena akan mempengaruhi perhitungan pembebanan.
Untuk luasan dan penutup atap yang sama harga rangka atap baja ringan untuk bentuk atap pelana lebih murah daripada atap perisai. Sedangkan untuk model/bentuk atap yang sama maka rangka atap yang menggunakan genteng beton lebih murah daripada menggunakan genteng keramik karena dimensi genteng keramik yang lebih kecil sehingga membutuhkan reng lebih banyak, sehingga material baja ringan yang diperlukan juga lebih banyak.

Back To Top