Bahan Bangunan Untuk Arsitektur Hijau

Akhir-akhir ini kepedulian orang untuk membangun bangunan dengan konsep arsitektur hijau (green architecture) semakin meningkat. 

Beberapa ciri dari bangunan dengan konsep arsitektur hijau antara lain adalah hemat energi, menggunakan sedikit sumber daya alam, dan tidak mencemari lingkungan.

Beberapa bahan bangunan yang mendukung konsep arsitektur hijau  tersebut antara lain :

Bekisting pelat besi
Penggunaan bekisting pelat besi untuk pekerjaan struktur beton daripada penggunaan bekisting kayu (multiplek, balok, dan kaso kayu) akan menyelamatkan banyak pohon. Selain itu bekisting besi mempunyai ketahanan yang sangat baik dan dapat dipakai berulang kali sehingga jatuhnya akan lebih murah daripada menggunakan bekisting kayu. 

Bata ringan
Bata ringan dapat didaur ulang sehingga ramah lingkungan. Selain itu bata ringan juga dapat berfungsi sebagai insulasi panas pada dinding rumah.

Insulasi atap 
Penggunaan insulasi atap akan mengurangi panas dalam bangunan, sehingga penggunaan AC dapat dikurangi, tentunya akan menghemat biaya listrik.

Cat anti panas
Penggunaan cat anti panas juga akan mengurangi panas dalam bangunan, sehingga penggunaan AC dapat dikurangi, tentunya akan menghemat biaya listrik.

Kaca hemat energi
Penggunaan kaca hemat energi pada banyak bukaan / jendela akan mengurangi penggunaan lampu di siang hari. Selain itu kaca hemat energi akan mengurangi panas yang masuk ke dalam bangunan, sehingga penggunaan AC dapat dikurangi, tentunya akan menghemat biaya listrik.

Perkerasan paving blok / grass blok
Dengan penggunaan paving blok / grass blok sebagai perkerasan jalan atau parkir maka air hujan masih dapat meresap ke tanah.

Septic tank bioseptik
Dengan penggunaan bio septiktank limbah akan diolah oleh bakteri / mikroorganisme sehingga sisa air dapat dibuang langsung ke saluran biasa tanpa khawatir akan mencemari lingkungan. 

Dari segi biaya konsep arsitektur hijau pada awal pembangunan mungkin akan lebih mahal, tetapi untuk jangka panjangnya akan terdapat banyak penghematan dari bangunan yang hemat energi, selain itu kita juga ikut melestarikan lingkungan.

Anda punya pendapat lain atau ingin melengkapi? Silahkan posting komentar anda....:)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel