Media Bangunan

Informasi Spesifikasi, Daftar Harga, Daftar Supplier, Brosur Bahan Bangunan

Tips Mencari Rumah Bebas Banjir

Cuaca ekstrim yang terjadi akhir-akhir ini dimana curah hujan sangat tinggi dan kurangnya daerah resapan air dan kurang baiknya infrastruktur seperti saluran air dan pendangkalan sungai menyebabkan terjadinya banjir di beberapa wilayah.

Jika kita mencari rumah tinggal terutama di daerah Jakarta, mungkin masalah banjir harus menjadi perhatian khusus. Permasalahan banjir di banyak perumahan di wilayah Jakarta merupakan persoalan rutin yang cukup sering terjadi, hal ini tentunya sangat mengganggu kenyamanan dan kesehatan para penghuni perumahan tersebut. 

Banjir Di Kawasan Perumahan
Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya kita membeli rumah di lokasi yang bebas banjir. Berikut adalah 8 tips untuk membeli rumah yang bebas banjir : 
  1. Kumpulkan informasi tentang lokasi perumahan yang kita pilih dari berbagai sumber, misal : keluarga, teman, media cetak, dan internet. Terutama pada musim hujan seperti ini perhatikanlah berita-berita di TV maupun surat kabar tentang lokasi-lokasi yang terkena banjir.
  2. Survei langsung ke lokasi perumahan yang kita pilih. Perhatikan apakah lokasi perumahan dekat dengan sungai yang besar. Jika dekat dengan sungai maka akan lebih berpotensi banjir jika sungai meluap.
  3. Perhatikan elevasi kontur lokasi perumahan apakah lebih tinggi atau lebih rendah dari daerah sekitarnya. Jika lebih tinggi berarti daerah tersebut relatif aman dari banjir. 
  4. Tanyakan kepada warga sekitar apakah pernah mengalami banjir selama tinggal di lokasi tersebut. 
  5. Pastikan kondisi saluran drainase-nya baik dan mengalir lancar. 
  6. Perhatikan apakah lokasi perumahan itu memiliki ruang terbuka hijau yang mencukupi yang dapat berfungsi sebagai area resapan air. 
  7. Prioritaskan untuk memilih rumah dengan ketinggian minimal satu meter lebih tinggi dari jalan. Tetapi yang pasti jangan sampai level rumah lebih rendah daripada jalan. 
Semoga 8 tips di atas dapat membantu kita untuk membeli rumah yang bebas banjir. Semoga bermanfaat...!

Ada pertanyaan atau komentar?
Silahkan sampaikan komentar anda pada form di bawah ini. Tetapi mohon maaf, komentar spam, menanam link, dan komentar yang tidak sesuai topik artikel tidak dapat kami terbitkan. Terima kasih.

Back To Top